Menggapai kemulyaan dengan ILMU

Home » , » Mengenal Air Mata Wujud Dari KeagunganNYA

Mengenal Air Mata Wujud Dari KeagunganNYA

Posted by Jendela Dunia on Saturday, 24 October 2015




Assalamualaikum..
Ilmuwan asal Jerman dan Amerika Serikat pernah melakukan penelitian disertasi tentang air mata. Hasilnya, air mata yang keluar karena tepercik bawang atau cabe berbeda dengan air mata yang mengalir karena kecewa dan sedih. Air mata yang keluar karena tepercik bawang atau cabe tidak mengandung zat berbahaya. Sedangkan, air mata yang mengalir karena
rasa kecewa atau sedih mengandung toksin atau racun.


Dari mana air mata berasal?

Air mata berasal dari proses yang disebut lakrimasi. Lakrimasi dalam bahasa Inggris: lacrimation atau lachrymation  dan dalam bahasa Latin: lacrima yang berarti air mata. Lakrimasi terjadi karena adanya kelenjar air mata (lacrima gland) yang terletak di bagian atas mata, antara kelopak mata dan alis. Lakrimasi bertujuan membersihkan dan melumasi mata, proses ini terjadi setiap kali mata berkedip.
Jadi ada berapa macam air mata?
Berdasarkan kedua ilmuwan tadi manusia memiliki 3 jenis air mata,
apa saja air mata itu?
(1) air mata basal
(2) air mata reflex
 (3) air mata emosi tangisan.
Start from air mata basal, air mata basal merupakan bagian dari system kekebalan tubuh (immune system). Menurut Ensiklopedia Britanica air mata basal mengandung cairan lysozyme yang akan melarutkan lapisan pembungkus bakteri (peptidoglikan). Jadi air mata basal berfungsi membasahi dan menjaga kelembapan serta menjaga kesehatan mata.

Next air mata reflex, air mata reflex terjadi ketika ada benda/ zat asing yang membuat iritasi mata, contohnya saat para wanita disakiti oleh si bawang merah, apa yang terjadi? Kalian akan menangis secara otomatis akibat uap bawang. Ko bisa ya? Yaa karena air mata refleksi akan berusaha membilas zat pengiritasi yang berkontak dengan mata. Selain itu air mata reflex juga dapat disebabkan adanya spray, cahaya terang, rasa pedas, muntah, batuk atau menguap. 

Finally, air mata emosi tangisan, yang suka nangis mana tangannya? Hhhha

Saat kita mendapatkan tekanan emosi terjadi peningkatan lakrimasi, namun saat dalam kondisi normal otak memerintahkan agar system syaraf simpatetik manghalangi proses lakrimasi sehingga tidak memproduksi air mata. Air mata emosi tangisan tidak saja muncul saat duka saja melainkan juga saat suka, buktinya sebagian orang akan menangis saat bahagia.

Lantas bagaimana dengan air mata buaya? Air mata buaya bukan sekedar kiasan semata yang sering dikaitkan dengan tangisan penuh dusta. Umunya, system lakrimasi hanya dimiliki oleh mamalia darat, ternyata buaya benar-benar mengeluarkan air mata namun air mata ini tidak mengandung emosi apapun. Jadi hanya manusia yang memiliki air mata emosi tangisan.

Pernah mengamati air mata dan air liurmu? Ternyata kedua cairan tersebut memiliki kandungan yang sama yaitu protein, garam, dan hormone. Namun air liur sepertinya sudah termodifikasi karena berbau. Hhhha (maaf bukan jorok). Namun air mata emosi tangisan memiliki memiliki susunan kimia yang berbeda dengan air mata basal dan air mata reflex. Air mata emosi tangisan mengandung lebih banyak mengandung hormone berbasis protein, yaitu prolactin (meningkatkan produksi air mata, dan mengatur produksi air susu), hormon adrenokortikotropik (hormone yang di anggap sebagai indicator terjadinya stress), dan leucine enkephalin (penahan sakit alamiah)

Bagi pria yang beranggapan wanita cengeng karena menangis, kalian perlu tau nih. Seorang profesor di Chicago memaparkan hasil dari penelitian jangka panjangnya.  Penelitian itu dilakukan dengan mengukur tengkorak pria dan wanita. Hasilnya, kelenjar air mata wanita ternyata lebih besar dibanding pria, sehingga lebih sering mengeluarkan air mata dan memiliki saluran air mata lebih pendek dan dangkal sehingga ketika menangis air matanya akan cepat mengalir ke pipi. Bagaimana dengan pria? Ternyata pria juga menangis. Pria memiliki kelenjar air mata yang lebih kecil dari wanita namun memiliki saluran air mata lebih panjang dari wanita sehingga air mata sulit untuk menetes. Jadi menangis bukan perkara cengeng atau jantan, melainkan secara biologis pria memang ditakdirkan untuk sedikit meneteskan air mata saat menangis.


Pernah nonton film drama tragedy? Pernah lihat adegan si aktris menangis dan mengeluarkan ingus? Ternyata itu bukan ingus alias cairan berlendir dari hidung, melainkan air mata yang mengalir ke hidung akibat kelenjar air mata mengeluarkan air mata secara berlebihan.

Untukmu wanita berhati sehalus debu, ketahuilah bahwa air mata mengandung chemosignal yang bisa mengurangi kadar testosterone akibatnya pria menjadi tidak tertarik pada wanita yang menangis. Jadi meskipun hatimu halus dan penuh kelembutan milikilah mental seperti baja! 



Adakah manfaat dari air mata? Tentu ada, mari kita kupas!

1.      Air mata mengandung hormone stress ketika dikeluarkan saat sedih, efeknya kita akan merasa lega setelah menangis. Menurut William Frey, seorang ahli biokimia dan direktur Dry eye and Tears Research di Minepolis (AS), kelenjar air mata mengkosentrasikan dan mengelurkan mangan (Mn) dari tubuh. Mangan terlibat dalam perubahan suasana hati, sehingga secara psikologis menangis menimbul perasaan lega.
2.      Air mata mampu membantu penglihatan. Kenapa? Air mata memiliki sifat anti mikrobial, yaitu kemampuan untuk membunuh bakteri yang membahayakan kesehatan mata seperti chlamydia trachomatis. Hal ini membantu mencegah infeksi pada mata seperti trachoma. Selain itu air mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata.
Point 1 dan 2 telah dikupas sebenarnya dalam pemaparan jenis dan kandungan air mata.
3.      Bagaimana manfaat air mata dalam Islam? Air mata yang identic dengan menangis bukanlah perkara yang hina atau cengeng, menangis itu sehat, dan symbol kejujuran. Seorang sufi pernah mengatakan, jika seseorang tidak pernah menangis, dikhawatirkan hatinya gersang. Bahkan sebuah hadis mengatakan, “Ada mata yang diharamkan masuk neraka, yaitu mata yang tidak tidur semalaman dalam perjuangan fi sabilillah dan mata yang menangis karena takut kepada Allah”. Berdasarkan hadis tersebut, air mata yang berderai karena mengingat dan merindukan Tuhan akan melicinkannya menembus surga, air mata yang berderai karena menangisi dosa akan memadamkan api neraka. Dalam hadis lainpun Nabi Muhammada SAW berpesan, “Jika kalian hendak selamat, jagalah lidahmu dan tangisilah dosa-dosamu”. Ternyata air mata mampu menghantarkanmu ke pintu surge, how I awesome what tears are! Masih mau meremehkan air mata?

Seperti lagu dewa 19, “menangislah bila harus menangis karena kita semua manusia, manusia bisa terluka, manusia pasti menangis, dan manusiapun bisa mengambil hikmah”. Berderai air matalah dengan hormat dan bijak. Selamat berderai air mata!
Artikel ini merupakan kiriman yang ketiga kalinya oleh saudari saya yang sarjana biologi di salah satu perguruan tinggi negeri di cirebon – Nurlaela Ayu SPd.I

Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat


1 comments:

Popular Posts

Ads

Fans Page Facebook

Arsip Blog

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}