Menggapai kemulyaan dengan ILMU

Home » » Versi Versi android sejak awal di luncurkan

Versi Versi android sejak awal di luncurkan

Posted by Jendela Dunia on Saturday, 15 August 2015



Hallo sobat blogger. Pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi pengetahuan tentang android, yupss.. sebuah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka
sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak, Android mempunyai banyak perubahan dari awal munculnya sitem operasi ini, berikut daftar versi android yang saya rangkum dari beberapa sumber 
APA ITU ANDROID VERSI 1.1

Apa ada dari pembaca yang pernah menikmati android ini? Pada era awal kemunculan android di indonesia belum banyak orang tau tentag sistim operasi yang berbasis linux tersebut. Karena awal kemunculan smartphone sudah di kuasai oleh blackberry, pada fitur ini masih belum terlalu mengusut kecanggihan teknologi, hanya beberapa saja yang masih terlihat biasa saja. Bahkan di era tersebut,
berikut beberapa fitur pada android ini :
- Pesan
- Alarm
- Jam
- Voice search
- Pengiriman pesan Gmail
- Pemberitahuan Email masuk
APA ITU ANDROID CUPCAKE ( VERSI 1.5 ) ?

Android Cupcake atau Android Versi 1.5 merupakan pengembangan dari versi terdahulu Android 1.1. Versi ini mendukung penuh untuk upload Video ke Youtube atau Gambar ke Picasa langsung dari telepon selular. Bluetooth A2DP juga sudah terintegrasi pada Android versi Cupcake ini.
Android  Cupcake pertama kali diluncurkan pada bulan Mei 2009. Dalam versi ini Google telah merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan Software Development Kit / SDK dengan versi 1.5 atau yang disebut dengan Cupcake.
APA ITU ANDROID DONUT ( VERSI 1.6 ) ?

Dilihat dari namanya mungkin kita akan membayangkan suatu kue yang biasa kita makan, donat !^^. Namun donat yang satu bukanlah nama makanan, melainkan nama lain dari Versi Android 1.6. Android Donut lebih mengembangkan aplikasi - aplikasi bawaan pada ponsel diantaranya :
- Proses searching yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.
- Fitur pada galery yang lebih "user friendly".
- Mendukung Resolusi Layar WVGA.
- Peningkatan Android Market dan Aplikasi dari versi sebelumnya.
- Upgradeable ke versi 2.1 (Eclair).
APA ITU ANDROID ECLAIR ( VERSI 2.0 / 2.1 ) ?
Android versi 2.0 / 2.1 atau yang disebut juga Android Eclair merupakan generasi ke 4 dari versi Android, Versi Eclair lebih memfokuskan pada pengoptimalan hardware, selain itu Google Map pada Android Eclair juga ditingkatkan (Google Map 3.1.2).
Beberapa fitur lain yang dikembangkan pada Android Eclair antara lain :
- Kamera 3,2 Megapixel yang didukung oleh "flash"
- Daftar kontak baru yang elegan
- Pada versi ini HTML5 telah terdukung pada perubahan UI dengan browser baru.
- Bluetooth 2.1 dengan kecepatan trasfer file lebih unggul
APA ITU ANDROID FROZEN YOGURT / FROYO ( VERSI 2.2 ) ?

Android versi 2.2 Froyo pertamakali diluncurkan pada tahun 2010.
Frozen Yogurt telah dilengkapi dengan fitur Adobe Flash 10.1,
kecepatan kinerja pada sistem ini juga 3 sampai 5 kali lebih cepat dari pendahulunya.
Beberapa fitur unggulan dalam Android Froyo antara lain :
- Mampu merekam video dengan HD Quality
- Bisa meletakkan aplikasi di dalam MMC/SD Card
- Bisa untuk dijadikan Hotspot
- Performa yang meningkat
- Kemampuan auto update dalam Android Market 
APA ITU ANDROID GINGERBREAD ( VERSI 2.3 ) ?

Android versi 2.3 Gingerbread meningkatkan performa dan kemampuan umum, seperti game, audio, video, kamera dll. Fungsi dan penerapan copy paste juga telah dioptimalkan. Android Gingerbread merupakan evolusi ke 6 dari versi awal Android.
Beberapa fitur unggulan Gingerbread antara lain :
- User interface hemat energi
- Keyboard virtual dengan word selection
- Power Management
- App control
- Dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu

APA ITU ANDROID HONEYCOMB ( VERSI 3.0 / 3.1 )
Dalam versi ini hanya sebentar promosinya. Karena setelahnya pihak google meluncurkan versi terbarunya yaitu ICS,
Built-in Video Calling Google Talk merupakan salah satu fitur yang ada pada Honeycomb. Perubahan besar-besaran pada Android Honeycomb yang didesain untuk tablet terlihat sangat profesional.
APA ITU ANDROID ICE CREAM SANDWICH / ICS ( VERSI 4.0 ) ?
Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich atau disingkat ICS adalah android pertama yang mempunyai fitur baru membuka kunci dengan pengenalan wajah. Fitur ini belum dimiliki oleh Android versi dibawah Ice Cream Sandwich tetapi sudah disempurnakan pada versi diatasnya. Selain itu Ice Cream Sandwitch juga mempunyai penampilan Interface yang bersih dan smooth. Pada versi ini android sudah menyaingi pesaingnya yaitu blackberry. Setelah di tetapkannya bbm resmi untuk android, pemasaran blackberry sangat turun drastis. 
APA ITU ANDROID JELLY BEAN ( VERSI 4.1 ) ?
Android mulai pada tahap penyempurnaan, perubahan yang cukup signifikan, karena pada android jelly bean banyak sekali mendukung fitur fitur canggih, Permasalahan umum yang sering ditemui pengguna Android adalah baterai, namun Baterai dalam sistem Android Jelly Bean versi 4.1 ini diklaim cukup hemat. Dan kinerja yang lebih cepat di banding versi sebelumnya.
Android versi 4.2 (Jelly Bean)

Android jelly bean adalah android yang paling banyak di pakai untuk sekarang ini, ada banyak fitur tambahan pada android versi 4.2 Beberapa fitur yang diperbaharui dalam sistem operasi ini antara lain Notifications, Google Assistant, Face unlock dengan Liveness Check, Barrel Roll, Smart Widget, Google Now, Tehnologi Project Butter untuk meningkatkan responsifitas yang sangat baik, Sistem operasi yang cepat dan Ringan, Full Chrome browser menjejalah internet menggunakan Google Chrome seperti pada PC.
Android versi 4.4 (KitKat)
Nah, android kit kat untuk sekarang masih di pakai oleh pengguna android, karena android versi setelahnya baru muncul, saya pribadi masih memakai android kit kat, maklum,uang tabungan belum cukup untuk membeli android ke versi yang terbaru atau lolipop.hehe,, kenapa tidak menggunakan fasilitas upgrade operatyng system? Gak berani gan untuk versi lolipop, resiko bootlop nantinya.
Apa itu Android 5.0?
Android Lollipop ini diklaim sebagai pembaruan terbesar sistem operasi Android sepanjang sejarah, tak heran penerus KitKat ini mengusung perubahan yang signifikan. Sebagai catatan bahwa dalam jangka waktu 3 tahun ini Google hanya menerbitkan versi Android baru dengan perubahan kecil saja, yaitu pada Android Ice Cream Sandwich hingga Android Kitkat. Sedangkan pada Android L ini Google akan melakukan perubahan besar yang di dalamnya terdapat berbagai macam fitur-fitur baru. Tidak tanggung tanggung,10 fitur unggulan terbaru di terapkan pada android ini



















0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Ads

Fans Page Facebook

Arsip Blog

Powered by Blogger.
.comment-content a {display: none;}